Berbakti Kepada Kedua Orang Tua


KEUTAMAAN MENUNTUT ILMU AGAMA

"Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah memudahkan baginya dengan (ilmu) itu jalan menuju surga" (HR. Muslim).

KEUTAMAAN MENDATANGI MAJELIS ILMU

Apabila kamu melewati taman-taman surga, minumlah hingga puas. Para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, apa yang dimaksud taman-taman surga itu?" Nabi Saw menjawab, "Majelis-majelis taklim." (HR. Ath-Thabrani)
AMALAN YANG DICINTAI ALLAH

Abdullah bin Mas'ud bertanya kepada Rasul صلى اللّه عليه وسلم amalan apa yang paling dicintai ALLAH? 

Jawab Rasul ada 3 hal:
1. Shalat tepat waktu. 
2. Berbakti kepada kedua orang tua.
3. Berjihad di jalan ALLAH. 

Perhatikan kedudukan berbakti kepada orang tua diucap setelah hal sholat, dan lebih utama dari berjihad.

BERSIKAP BAIK PADA ORANG TUA

Dalam alquran, ALLAH menyandingkan perintah untuk bertaqwa kepadaNya dengan berbuat baik kepada kedua orang tua berulang kali. (Pen. Albaqarah 83, annisa 36, al isra 23) 

Bahasan surah Al Isra 23, "jika salah satu atau keduanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, janganlah sekali-kali mengatakan 'ah' dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah perkataan baik kepada mereka". 

Jangan berkata 'ah' kepada orang tua. Kata 'ah' atau 'uff' dalam bahasa Arab adalah ekspresi jengkel yg paling ringan. Namun jika dialamatkan ke orangtua, merupakan dosa besar. 

Disebutkan di masa tua, bisa jadi lemah dan tak punya kuasa, karenanya orang tua butuh bantuan anaknya. Ujian anak adalah bersikap dan berkata terbaik pada mereka. Pilih kata2 yang indah, penuh hormat, merendahkan diri kita di depan orang tua. 

Lalu mendoakan, Yaa Robb rahmati mereka sebagaimana mereka menyayangiku selagi kecil. 

KISAH-KISAH ANAK SHOLEH

Dalam Surah Maryam disebut 3 tokoh anak sholeh:
1. Yahya AS
2. Ibrahim AS
3. Isa AS

Nabi Ibrahim tetap sopan saat bicara dengan ayahnya, pembuat berhala, saat menyampaikan ajakan bertauhid, menggunakan "Ayahanda", "mengapa engkau mengikuti jejak syaithan...." "aku sungguh khawatir engkau akan ditimpa azab". Sementara ayahnya membalas dengan kasar, memanggilnya tidak dengan 'anakku atau ananda' tapi 'Ibrahim' saja. Nabi Ibrahim tetap sopan dan mendoakan ayahnya. (pen. Buka surah Maryam 42 - 48). 

Imam Abu Hanifa tidak dihormati ibunya sendiri, bahkan sering didiskreditkan keilmuannya sementara ia adalah ulama besar. Namun imam Abu Hanifa tetap bersedekah beberapa dinar untuk ibunya secara rutin.

Ulama-ulama lain ada yang dibentak ibunya di depan orang-orang namun tidak membantah sama sekali. Bahkan ada yang sedang mengajar di majelis, lalu dipanggil ibunya untuk memberi makan ayam. Ia tinggalkan majelis, beri makan ayam dahulu, lalu kembali ke majelis setelahnya. 

Bagi orang tua, berilah mereka selama kita mampu memberi. Menyenangkan mereka adalah cara termudah masuk syurga. Sukses kita adalah berkat ridho dan doa mereka. Maka penuhi kebutuhan mereka tanpa diminta. Karena jika orang tua sampai terpaksa meminta kepada anaknya, adalah aib bagi kita. 

Silaturrahim yang membuka rezeki dan memanjangkan umur, utamanya dengan orang tua. Uwais al Qarani, pernah mengidap sakit parah, namun karena berbakti kepada orang tuanya, maka ia sembuh. Rasul SAW sampai memerintahkan Umar RA mencari Uwais untuk meminta doa karena kemanjuran doa Uwais sebagai anak sholeh. 

KEDUDUKAN MERTUA

Jangan sia-siakan orang tua. Jangan samakan kedudukan orang tua kandung dengan mertua atau orangtua tiri. Tetap kita dukung istri berbakti kepada ortunya, tapi kita tetap utamakan ortu kandung kita. 

CARA BERBAKTI

Cara kita berbakti kepada orang tua:
1. Selalu doakan
2. Hajikan atau umrohkan
3. Jadikan amal jariyah atas namanya. Misal membangun sumur, masjid hingga sedekah yang mudah.
4. Sekolahkan anak soleh atas nama mereka.
5. Doakan tiap akhir dari duduk tahiyat akhir.
6. Jalin silaturrahim dengan saudara atau sahabat mereka.

Wallahu a'la Ta a'lam
Barakallahu fiikum
salinan kajian Alhikmah senin 16 Juni 2014 tentang "Berbakti pada orangtua" oleh ustadz Firanda Andirja. [Ilmu/alhikmajkt]

0 Comment "Berbakti Kepada Kedua Orang Tua"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca...!!!

Thank you for your comments