Syaikh di Ta'lim Malam Juma'at

Bersyukur pada Allah yang memudahkan bertemu untuk menuntut ilmu dan berdoa agar Allah mengumpulkan kembali di syurganya kelak seperti sekarang di tempat yang berberkah dan waktu yang berberkah yaitu di Malam Jumat yang berberkah.
Siapakah kita? Kita semua ummat muslim. Kehidupn manusia sekarang dalam kekacaukan dan kebodohan sehingga kita butuh untuk membawa ke kebenaran, dan tugas kita yang hadir untuk mengembalikan untuk dapat kembali ke jalan yang benar. Orang sakit butuh dokter, bangunan butuh insinyur, dan ummat ini butuh orang-orang yang menunujjukan. Apakah kita siap untuk tugas itu?
Mengajarkan manusia merupakan merupakan keutamaan, bahkan ikan dilaut mendoakan untuk orang yang menujukkan kepada kebenaran. Para ulama adalah para pemuda seperti kita sekarang yang mengajarakan kebaikan. Setiap kita harus berupaya harus mengajari kepada kebaikan ini, karena ulama dan dai itu adalah para pemuda. Ajarkan apa yang kita ketahui. Mungkin ada yang bertanya kenapa kita bisa mengajak kepada kebenaran?
1. Untuk menjadi duat adalah bertawwqqal kepada Allah, karena tanpa taufik itu tidak ada apa-apanya.
2. Ikhlas bukan karena riya karena tidak mau disebut namanya namun untuk mendekattkan kepada Allah yamg dilakukan, bqrangsiapa yang mengiginkan berjumpa dengan tuhannya
maka hendaknya iya beramal shaleh dan tidak menyekutukannya
3. Menuntut ilmu syari sebagai senjata dari ulama dengan manhaj yang benar. Menuntut ilmu yang shahih, karena banyak yang sekarang yang menuntut ilmu dari hadits yang lemah. Setelah Al-quran dan hadits maka dai harus menuntut di manhaj yang benar seperti yang dipahami sahabat. Karena bagaimana kita mengetahui hadits kecuali dari mereka, dari sahabatlah kita kengetahui hadits seperti Abu Bakar, Aisyah, Abau  Bakar merekalah yang menukilkan hadits sehingga sampai kepada kita, sepantasnyalah kita memuliakan sahabat. Kalau kita dengar ada yang mencela sahabat maka mereka itu adalah orang shindiq , mereka yang mau menjauhkan kita dari agama ini. Tidak mungkin sahabat adalah orang yang tidak benar, olehnya itu tanda kemunafikan dan shindiq adalah yang selalu mencela sahabat Rasulullah. Kita sepantasnyalah mengamalkan apa yang diketahui karena itu merupakan hal yang wajib. Tanda keimanan adalah yang mereka memperbaiki akhlaknya. Rasulullah bersabda yang dekat diantaraku adalah yang berbuat baik kepada mereka.
Akhlak yang baik diantaranya adalah kejujuran, kelemhitan dan perkataan yang baik. Rasulullah memasukkkan orang yang meninggalkan akhlak meruapakan tanda munafik, bila dia berkata dia dusta, dipercaya dia khianat,
Akhlak yang baik juga saat bermuamalah di dalam rumah, ayah ibu dan saudara dan tetangga bukan hnaya pada sesama penuntut ilmu. Bahkan sampai yang memusuhi kita kita juga dituntut untuk selalu berbuat baik, karena bisa jadi jalan hidayah. Akhlak yang baik juga meruapakan bagia  dari akhlak yang baik.
Rasulullah bersabda Allah itu indah dan menyukai keindahan.
4. Bersabar diatas kebaikan
Contoh Nabi Nuh Alaihissalam, 950 tahun berdakwah, dan nabi lain bertahun tahun berdakwah namun cuman memiliki pengikut yang sedikit.
5. Meyakini Allah yang mematikan, memberi rizki.
Masalah manusia adalah takut pada ajal dan takut pada rezekinya. Manusia takut yang berdaqwah biasanya takut akan hal ini. Padahala siapakah yang menentukan rizki dan mati? Abdullah bin Abbas, sekiranya manusia ingin menginginkan kebaikan kepadamu dan Allah tidak mengiginkannya maka itu tidak akan terjadi, sama juga keburukan.
Allah akan menjanjikan kemenangan dan semakin eksis dan berkuasa di muka bumi ini. An Nur : 55 orang yang berdakwah. Agama ini akan eksis dan sampai siang dan malam. Ayo ambil bagian, sebelum masa kita digantikan. Agama ini akan eksis ada tau tanpa kita. Kesempatan dan kehidupan sangat singkat maka sebaiknya diiisi dengan amal shaleh, orang yang beruntung adalah orang yang berat timbangannya. Seharusnya kita memiliki amal yang khusus dengan Allah dengan meruntinkan amalan tersebut, hanya kita dan Allah yang mengetahuinya.
Jangan anggap remeh kebaikan meskipun itu hanya sedikit, seperti 500 rupiah. 1 dirham bisa menyamai bahkan melibihi 100.000 dirham. Sahabat bertanya kenapa bisa? Seorang yang cuman punya 2 dirham,namun menginfaqkannya 1 dirham, dan seorang yang punya harta yang banyak namun hanya menginfaqkan hanya 100 ribu dirham saja. Ikhlas dan dari jerih payahnya yang halal juga sangat berat timbangannya.
Perkataan yang baik juga meruapakan amal shaleh, seperti amal shaleh seperti twitter dan sebagainya. Untuk menyebarkan perkataan yang baik, Allah mengangkat kedudukan yang tinggi jika menyebarkan kebaikan dan membawa ke neraka jika menyebarkan kata keburukan sejauh 70 ribu tahun.
Mudah mudahkan kita dipilih oleh Allah yang senantiasa menjadi orang yang memberi hidayah kepada orang-orang, mengumpulkan di surga-Nya, memberikan taufiq kepada kita.

0 Comment "Syaikh di Ta'lim Malam Juma'at"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca...!!!

Thank you for your comments