7 Dosa Yang Menghancurkan



TUJUH DOSA YANG MENGHANCURKAN

Dari Abu Hurairah radhiyallâhu 'anhû, Rasulullah shallallâhu 'alaihi wa sallam bersabda,

( اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ) قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ: وَمَا هُنَّ؟ قَالَ : ( الشِّرْكُ بِاللهِ، وَالسِّحْرُ، وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللهُ إِلَّا بِالْحَقِّ، وَأَكْلُ الرِّبَا، وَأَكْلُ مَالِ اليَتِيمِ، وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ، وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ).

"Jauhilah tujuh perkara yang membawa kepada kehancuran."
(Para sahabat) bertanya, "Wahai Rasulullah, apa ketujuh perkara itu,?"
Beliau menjawab, "Yaitu: (1) kesyirikan terhadap Allah, (2) sihir, (3) membunuh jiwa yang Allah haramkan, kecuali dengan sebab yang dibenarkan, (4) memakan riba, (5) memakan harta anak yatim, (6) meninggalkan medan perang pada hari pertemuan dengan musuh, dan (7) melontar tuduhan zina terhadap perempuan yang terjaga dari perbuatan dosa, tidak tahu menahu dengannya, lagi beriman (kepada Allah)."

Nabi shallallâhu 'alaihi wa sallam memerintahkan umatnya agar menjauhi tujuh perkara mungkar yang membinasakan. Ketika ditanyakan tentang tujuh perkara tersebut, beliau menjelaskan bahwa tujuh perkara itu adalah kesyirikan kepada Allah dengan menjadikan tandingan-tandingan bagi Allah dalam bentuk apapun. Beliau memulai dari kesyirikan karena ini adalah dosa terbesar, lalu melakukan sihir, kemudian membunuh jiwa yang dilarang oleh Allah untuk dibunuh, kecuali dengan alasan yang dibenarkan oleh syariat, memakan riba, baik secara langsung atau dalam bentuk mengambil manfaat dengan segala jenisnya, berbuat pelanggaran terhadap harta anak yang ayahnya telah meninggal (anak yatim), melarikan diri dari medan peperangan melawan orang kafir serta menuduh perempuan merdeka yang terjaga kehormatannya dengan tuduhan telah berzina.
Pada hadits di atas terdapat dalil untuk pengharaman sihir dan untuk menggolongkannya termasuk dosa-dosa besar yang membinasakan.

Faedah Hadits
1. Diharamkannya kesyirikan, dan bahwa kesyirikan adalah yang terbesar dari dosa-dosa besar.
2. Diharamkannya sihir, dan bahwa sihir adalah salah satu dari dosa-dosa besar yang membinasakan dan salah satu dari pembatal-pembatal keislaman.
3. Diharamkannya membunuh jiwa tanpa alasan yang dibenarkan.
4. Bolehnya membunuh jiwa apabila dengan alasan yang dibenarkan (dalam syariat) seperti karena qishash, murtad dan berzina dalam keadaan telah pernah menikah.
5. Keharaman riba dan besarnya bahaya riba.
6. Diharamkannya berbuat aniaya terhadap harta anak-anak yatim.
7. Diharamkannya lari dari medan pertempuran melawan orang kafir.
8. Keharaman menuduh dengan tuduhan berzina dan hubungan homoseksual.
9. Bahwa menuduh orang kafir tidak termasuk dosa besar.

[Diringkas dari Kitab Penjelasan Ringkas Kitab Tauhid karya Syaikh Shalih Al-Fauzan]

Markaz Dakwah untuk Bimbingan dan Taklim

0 Comment "7 Dosa Yang Menghancurkan"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca...!!!

Thank you for your comments