Shalat Pernah Memegang Paha

Tgl , 5 Rajab 1436

Bab Keutamaan Mendirikan Masjid & Anjunran Membangun Rumah Allah

Saad Abi Waqqas

Berkata Mus'ab Bin Saad, aku pada suatu hari shalat di samping bapakku, yaitu Saad Bin Abi Waqqas, aku mentaqdid telapak tanganku, (menggabungkan telapak tanganku ) dan kuletakkan diantara kedua pahaku, maka melihat hal tersebut yaitu Bin Abi Waqqas melarang beliau dan beliau mengatakan , dulu kami memang pernah melakukan yang begitu, dan kemudian dilarang aeperti yg seperti itu, dan kami diperintahkan meletakkan dilutut pada waktu rukuk.

Hadits ini bersumber dari Saad Bin Abi Waqqas, adalah sahabat yang mulia, termasuk sahabat yg awal masuk islam, belasan. Abi Waqqas dikenal memiliki keutamman, dikebal sebagai sahabat yang doanya yang selalu dikabulkan oleh Allah, Beliau juga sahabat dengan meriwayatkan 1/3 yang banyak...beliau setelah haji wada ,beliau sakit keras dan menyangka akan wafat, diantara wasiat kepada Rasulullah bahwa saya punya harta dan punya 1 perempuan, dan Rasulullah 1/3 tidak mengapa dan 1/3 tersebut juga tidak kurang. Dan sahabat 10 ug dojamin masuk syurga, dan beliau termasuk yang terakhir meninggal. Seluruh anaknya penghapal Al-Qur'an.
Beliau sahabat yang terkenal sebagai mujahid fisabillillah, melawan persia dan beliau adalah pemimpin. Beliau orang kepercayaan Umar Bin Khattab, saat Umar akan meninggal dan menyarankan penggatinya di antara 6, Bin Abi Waqqas tersebut. Saat peranh Fotnah terjadi, beliau memilih untuk uslah dan tidak berpihak di kibu manapun. Saat anaknya menemuinya, karena heran beliau berkata saya mendengar Rasulullah " Allah mencintai orang yg bertaqwa dan tidak menyukai jabatan dan menyukai kecukupan'.

Bentuk tarbiyah kepada anaknya, yaitu mengajak anaknya pergi shalat berjamaah.
Saat ini orang tua merasa cukup dengan shalatnya abaknya di masjid, belajar iqra dll tanpa memberikan contoh, atau orang tua yg pergi ke masjid namun tidak peduli saat shalat jika ribut.
Dari segi sanad tidak shahih, hadits anak yg dilarang pergi masjid.
Mengapresiasi orang tua yg mwngajak anaknya pwrgi ke masjid, namun juga mengontrol dan membimbing saat shalat di masjid. Saat shalat berada di dekat orang tua, agar tidak main-main.
Syaikh Ustaimin,  saat ditanya , anak sebaiknya disela-sela orang dewasa,
agar bisa menyontoh shalat yang benar. Oramg tua bertanggumg jawab baik shalatnya anak-anak.
Perintahkanlah shalat anak-anak kalian saat berusia 7 tahun ,dan pukullah mereka jika mereka tidak shalat saat berumur 10 shalat. Bersabarlah dengan mengikuti perintah tersebut.
Nasihat Lukman kepada anaknya "Wahai anakku, tegakkanlah shalat".
Kedang 15 tahun , usia baligh orang tua tidak peduli dengan shalat anakanya.
Inilah tahapan dari allah, 7 tahun diperintahkan, 10 tahun dipukul, 15 tahun mau diapakan?

Jumhur Ulama, hukumannya minimal orang yang meninggalkan shalat adalah hukuman seumur hidup.

Perintah tidak hanya menyuruh anak shalat, namun juga untuk mengajarkannya.

Shalatlah sebagaimana aku shalat [hadits]
Musaab pernah menyimpan kedua tangannya diatas paha dan ditegur oleh Ayahnya.
Awalnya Rasulullah suka sama dengan ahlul kitab, namun setelah ada perintah ahlul kitab baru jelas pelarangan-pelarangan.

Shalat harus sesuai ada contohnya dari nabi. Keadaan saat pegang paha maka punggung tidak akan rata,
Yang benar , memagang lutut kemudian punggung rata.

Diriwayat lain, Abi Waqqas memukul anaknya, gerakan tambahan yang menyempurkan shalat kita atan menyempurkana shalat itu, tidak mengapa.

Saat mendidik sebaiknya memegang telinga untuk mengajarkan pelajaran, bukan untuk menyakiti.
Memukul juga dibolehkan, disamping kekhusukan shalat juga di ajarkan shalat dengan tata cara yang benar.

Dalil, Rasulullah dan sahabat pernah melakukan .

Diperintahkanbuntuk meletakkan jari diatas lutut dan memegang, bukan paha dan betis, tidak dirapatkan. Kaki tidak terlalu rapat. Wajah kita arahkan ketempat sujud, kecuali saat tasyahhud mata ke telujjuk.

0 Comment "Shalat Pernah Memegang Paha"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca...!!!

Thank you for your comments