Larangan Membangun Masjid Di Atas Kuburan

Bab Tentang Larangan Membangun Masjid Di Atas Kuburan

Menyangkup persoalan fiqih dan aqidah yang sangat penting,
Menyangkup perisriwa meninggalnya rasulullah.
Haditd 35, hadits dari Aisyah , Bahwasanya Ummu Habibah dan Ummu Salamah keduanya menyebutkan tentang gereja yang keduanya menyaksikan di abbasiah ada gambar-gambarnya. Keduanya menyebutkan kepada nabi salllahu alaihi wassalam, nabi berkata bahwa sanya mereka itu, jika ada diantara mereka yang sholeh maka mereka membangun di atas kuburannya masjid, dan menggambarkan di tempat ibadah mereka tersebut, mereka adalah manusia terburuk di sisi allah pda hari kiamat.

Allah melaknat Yahudi dan Nasrani karena mereka menjadi kuburan-kuburan mereka sebagai masjid-masjid. Seandainya tidak ada kekhwatiran seperti itu dibuatkan kuburan, maka sahabat akan menapakkan kuburan nabi. Tapi sahabat tidak menampakkan kuburan nabi, karena kekhawatiran menjadikan kuburan nabi sebagai masjid.

Bahwasanya rasulullah bersabda, semoga Allah melaknat Yahudi yang menjadikan kuburan mereka sebagai masjid

Dari Aisyah dan Ibnu Abbas keduanya berkata Ketika datang yang menimpa Rasullah sakit keras, mulailah beliau melemparkan khanisah (kain warna hitam yg punya corak), beliau berkata Laknat Terhadap kaum Yahudi, yang menjadikan Kuburan-kuburan mereka sebagai masjid".

-jangan terkagum-kamum dengan negeri kafir. Yang boleh diambil maka diambil, dan yg tdk boleh, maka tidak boleh dibenarkan.  Secara umum gambar-gambar makhluk hidup adalah terlarang.
Oleh: Ustad Yusran

0 Comment "Larangan Membangun Masjid Di Atas Kuburan"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca...!!!

Thank you for your comments