Pindahnya Kiblat Kaum Muslimin

Review , masuk ke bab I , Dibangunnya Masjid oleh Rasulullah.
Bab Selanjutnya yaitu bab II, Tentang Masjid dan Tempat yang layak untuk shalat.

Bab : Pindahnya Kiblat dari Quds ke Kabbah
3 hadits yang diriaayatkan oleh Imam Bukhari & Muslim
hadits 302, bersumber : Baro bin Yazid, Rasuluklah ,shalat menghadap 17 atau 18 bulan lamanya, dan Rasulullah lebih suka dihadapkan ke kabbah. Makka Allah menurunkan ayatnya, Allah telah melihat wajahku ke langit,engharapkan turunnya Ayat dari Allah. Setelah turuñnya ayat ini, orang yang sufaha (bodoh) berkomentar, dan mereka adaah orang-orang yahudi. As Sufahay, bertanya kenapadipindahkan, ,........(lanjutan ayat).
ada sahabat yg melewati kaum yg mendirikan shalat ashar, dan sahabat tersebut duduk menunggu kaum yang shalat tersebut, dan kemudian memberitahukan bahwa dia telah ikut shalat bersama rasulullah, bahwa kami telah shalat bersama rasulullah dengan menghadap kabbah. Kemudian kaum tersebut mengubah shalatnya.

Abdullah bin Umar, Saat shalat di Kubashalat shubuh. Ada seseorng berkata bahwa telah turun ayat al quran, shalat menghadap kabbh, yang waktu itu mereka mengharap syam, kemudian mereka mengubah arah kiblatnya.
Bara Bin Yazid tidak ikut perang badar karena tertolak krena masih muda. Abdullah bin Umar , tidak ikut dalam perang Uhud karena umurnya masih 16 tahunan. , bewgitu pula juga dengan Baro Bin Jazid.  Beliau ikut dalam perang-perang selanjutnya....(14 perang). Wafat 60 hijryah, umurnya 70an. Seoramg Anshar.

Mengadap di baitul Maqdis selama 17 bulan di Madinwah, waktu di Makkah menghadap di Bakkah. Hadits yang ahad ini menjelaskan bahwa bolehnya diterima hadits Ahad. Padahal ini adalah persoalan penting, merupakan kiblat kaum muslimin, nqmun hadits ini adalah hadits ahad. (terpercaya).

- Respon sahabat yang  cepat ,meskipun hal yang sulit,  saat datangnya dalil. 

Allah memiliki ian timur dan bagian barat, maka hal ini tidak masalah jika hanya pesoalan kabbah.

- Respon sahabat yg cepat  setelah turunnya Ayat. Sahabat.
Sahabat yang mendengar ini, langsung menghadap kiblat yg ayatnya baru turun, bahkan sebagian riwayat ada sahabat yg sedang rukuk, ada juga yang sujud. Mereka langsung menghadap kabbah yang berlawan arah dengan syam waktu itu.

- Shalat subuh di kuba, Abbab ...yang menyampaikan. Tidak seorangpun mengamalkan kebaikan, kecuali Rasulullah mendapat pahala.

oleh Ustadz Yusran di Ta'lim Malam Jumat Ke Tujuh Jumadil Awal

0 Comment "Pindahnya Kiblat Kaum Muslimin"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca...!!!

Thank you for your comments