Jika Ada Yang Terlentang Di Depan Orang Shalat

Lanjutan Pembahasan Kitab Al-Lu'lu Al Marjan

Kitab Shalat, Berkaitan dengan Sutrah
Urutan Bab Sesuai Shahih Muslim, jadi Jika lompat maka tidak diriwayatkan berdua antara kedua Imam. Dan penomoran Bab dari Kitab Shahih Muslim
Bab 51 Hukum Terlentang Jika Ada Yang Shalat

Berbahaya yang paling berbahaya lewat depan shalat adalah seorang wanita.
1. Hadits Dari Aisyah Radiyallahu Anha
Hadits 188 : Aisyah , adalah Rasulullah Sallalahu Alaihi Wasallam pernah shalat, dan Aisyah berada di antara Rasulullah dengan kiblat. Di atas kasur dari keluarganya,Aisyah tidur diatas kasur sebagaimana jenazah yang mau dishalati.
2. Adalah Nabi Sallalahu Alahi Wasallam , dan aku tidur terlentang dari kasur Nabi Muhammad , dan saat beliau ingin shalat witir maka dia membangunkanku dan kemudian aku shlat witir.

Faidah :
1. Sumber dari wanitq mulia, ibu Orang yang beriman.  Hadits ini menjelaskan keutamaan istri Rasulullah, mereka mengetahui keadaan keadaan amalan nabi shalallahu alahi wassalam, melebihi sahabat yang paling dekat, Abu Bakar. Padahal semua yg dilakukan oleh Nabi adalah ilmu. Khadijah adalah istri yang paling dicintai, namun hanya sekitar 6 tahun saja, dan tahun berikutnya ditemani oleh istri-istri lainnya seperti Aisyah.
2. Pernah, bisa dipahami 1 kali, dan boleh jadi sering terjadi. Namun untuk konteks hadits ini terjadi berulang kali.
3. Hukum Fiqih ini tidak mengapa. Dan tidak termasuk orang yang lewat. Maka posisinya sama jika orang duduk yang dijadikan sutrah.
Orang yang lewat di depan shalat akan mengurangi bahkan bisa membatalkan shalat kita, maka kita tidak rela. Selain itu dapat mengganggu dan mengurangi kekhsuyuan kita.
4. Shalat di atas kasur di hadits ini tidak menjadi dalil, namun pendapat ulama tidak mengapa shalat di atas kasur jika tidak menganggagu sujud dN ada najisnya.
5.Tidurnya Aisyah , tidur  terlentang seperti tidurnya jenazah.
6. Kenapa Nabi tidak memiliki tempat yang lapang? Tidak mencari ... Hikmahnya, ini boleh -boleh saja. Dan ini menujukkan kesederhaan beliau, kamarnya adalah rumahnya. Itulah kehidupan nabi untuk keluarga. Meskipun malaikat telah menawarkan kehidupan dunia dengan , boleh juga meminta kepada Allah. Seperti juga riwayat saat adanya bekas dipungung Rasulullah, bekas alas tempat tidur. Dan dilihat Umar Bin Khattab. Umar menangis, dan mengatakan pernah melihat pemimpin Romawi dan Persia. Mereka sangat diagungkan, namun kamu sangat sederhana. Rasulullah, menjelaskan tujuan kita adalah akhirat "Apakah kamu tidak ridho, mereka memiliki dunia dan kita memiliki akhirat". Itulah kampung akhirat, untuk siapa? Bagi mereka yang tidak mengharapkan ketinggian dalam duniawi dan kebaikan sesudah yang terbaik adalah negeri kesudahan itu.
Orang-orang yang dekat dengan Rasulullah ini telah mengerti tahu konsekuensinya, seperti saat istri menuntut kehidupan dunia, turun ayat ...(lupa). Dia adalah pemimpin para suhud. Rasulullah bukan sekedar suhud hati, namun juga di tangannya. Doa seoramg muslim jadikan dunia di tangannya.
7. Semua ayat-ayat tentang tajahhud, maka Rasulullah adalah pemi.pinnya.  Al Muzammil. Khusus Nabi shalat gahajjud adalah kewajiban menurut ahli tafsir. Shalat lail bukan hal yang mudah, orang-orang yang bangun tengah malam jauh lebih baik dari orang yang bermain-main. Rasulullah telah merasakan lezatnya shalat malam ini. Baru menjelang witir baru dia membangunkan Aisyah. Bulan suci Ramadhan , terutama di 10 akhir Ramadhan sejak awal dia telah membangun istrinya. Jika terjadi fitnah di tengah kaum muslim " bangunkan orang yang disebelah kanan" makasudnya istri beliau. Orang arab telah dekat dan mengancam kaum muslimin.
Shalat tahajjud adalah shalat witirnya saja. Namun kondisi tertentu jangan jadikan seperti sama saja apalagi dibulan Ramadhan. Jika tidak banyak tahajjud kita, maka di bulan Ramadhan perbanyak. Jangan terlalu banyak tidur dan terlena. Beribdah ditengah fitnah, saat banyak pembunuhan terjadi maka lebih baik haji dan umrah.
8. Shalat witir diakhir tahajjud kita. Namun seperti riwayat Abu Hurairah, di awal malam atau menjelang tidur.
9. Menyentuh wanita waktu shalat tidak membatalkan wudhu dan shalat.

Komentar