Abad Dalam Penuntut Ilmu

Dengan segala kekurangan dan kesadaran belum memenuhi di dalam 24 jam dengan ibadah.  Termasuk dalak moment dalam menuntut ilmu,adalah salah satu moment berharga yang belum tentu terulang. Bersyukur bukan untuk membalas kebaikan Allah, namun bersyukur kepada Allah adalah untuk kebaikan itu. Sungguh menakjubkan hidupan mukimin itu, jika mendapat kesenangan dia bersyukur, maka bersyukur menjadi kebaikan kepadanya.
Seandainya semua memiliki tingkat keimanan yang sama, dan beribadah kepadanya maka tidak akan mengurangi keMahakuasaan Allah, begitupula jika semua dalam keadaan kafir. Jika kitq bersyukur saat mendapat nikmat, maka Allah akan membalas nikmat tersebut.
Nikmat Allah kepada kita ini tidak akan ada habisnya. Dan begitupula seterusnya, maka itulah kehidupan. Dan jika mendapat kesusahan makan dia akan bersabar, maka itupun akan menjadi kebaikan padanya.
Saat kita menyatakan seorang muslim, maka pada saat itu maka kita akan otomatis menjadi penuntut ilmi syar'i. "Menuntut ilmu adalah kewajiban atas setiap muslim". Tidak ada pengecualian, profesi appun, tingkat level kekayaan berbeda, tua muda. Dan menjadi masuk akal betapa singkatnya hidup kita di dunia ini. Kehidupan di dunia ini sangat singkat, maka kita dituntut untuk mempelajari yang efektif untuk kehidupan akhirat di kehidupan yang singkat ini.  Apatahlagi usia modern berkurang yang diakibatkan arus informasi yang sangat cepat sehingga stress bisa menjadi sangat tinggi.
Pata ulqmq menjadi manusia ternaik setelah nabi dan rqsul, karena mereka tahu bagaimana akhirat itu karena balasan dari Allah yang berlipat ganda. Hal itu tidak lain didaptkan  karena menuntut ilmu.
Jika kita merenung, jangan bangga dulu jika hanya bisa ikut pengajian sekali sepekan, itupun jika hanya berdurasi dibawah 1 jam. Itu belum cukup larena kita berkejaran dengan waktu dan ajal yang selalu mengejar. Sementara banyak hal yang belum diketahui, meskipun hidup dalam seorang muslim keburu meninggal saat belum mengetahui makna mengucapkan asyhaduallah ilaha illalah muhamaddarrasulullah, maka jika ditanya apa profesi kita maka kita akan menjawab saya seorang penuntut ilmu sambil .... Yang lain itu menunjang kehidupan ini.  Pekerjaan saya adalah seorang penuntut ilmu sambil buka bimbingan belajar. Menuntut iomu syari tidak boleh berhenti di jenjang level tertentu.
Imam Ahmad Bin Hambal, saat seorang imam mempelajari ilmu jahwatul rawi(?), mempelajari perawi. Dan sangat keras . sangat ditanya bagaimana pendapatmu tentang imam Ahmad, maka beliau mengatakan aplah saya ditanya tentang ini, beliau adalah Imam Kaum Muslimin. Imam Ahmad dengan keilmuan yang telah diakui masih sering ditemui berlari-lari dengan remaja u tuk mencari ilmu. Proses mencari ilmu ini adalah kehidupan kaum muslimin.
Dalam proses menuntut ilmu ada abad-adabnya, antara lain:
Kewajiban pertama ada pada persoalan niatnya.
Amal-amal itu bergantung pada niatnya. Sepatutnya yang menulis buku menempatnya hadits niat ini dibagian depan.
Betapa banyak pekerjaan seperti pekerjaan dunia, namun menjadi amalan akhirat karena niatnya. Sama juga dengan sebaliknya.
Seperti contoh mengambil duri kecil karena Allah maka akan bernilai besar bagi Allah. Sebaliknya banyak amalan lahiriyah yang tampak menjadi akan tidak ada nilainya jika niatnya bukan karena Allah.
Sufyan As Shainah, hal yang paling sulit diperbaiki adalah niatku.
Meluruskan niat ini bukan hal mudah, ini membutuhkan proses, mujahadah, karena niat itu tempatnya dihati. Hati berbolak balik, ....
Ulama sepakat meluruskan niat adalah sesuatu membutuhkan proses, bukan serta merta yang bisa dengan mudah dilakukan. PR untuk berlatih untuk meluruskan niat, bukan hanya sebatas menuntut ilmu namun untuk dalam ibadah dan pekerjaan lain. Ulama sebisa mungkin menyembunyikan amal sholeh dari orang terdekat mereka. Bahkan ada diantara ulama itu, menyembunyikan musibah yang mereka alami kepada orang yang terdekat mereka. Karena mereka tahu, musibah yang menimpa akan menjadi besar nilai pahalanya jika hanya dikeluhkan kepada Allah.

Masjid Wihdatul Ummah, Ustad Ihsan Zainuddin, Lc

0 Comment "Abad Dalam Penuntut Ilmu"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca...!!!

Thank you for your comments