⭐ Jadilah Seperti Bintang ⭐

Abu Sulaiman ad-Daraniy pernah bertutur kepada sahabatnya Ahmad bin Abi al-Hawariy,
 

كن كوكبا بالليل فإن لم تكن كوكبا فكن قمرا فإن لم تكن قمرا فكن شمسا فقلت يا أبا سليمان الشمس أضوأ من القمر والقمر أضوأ من الكوكب فقال يا أحمد كن مثل الكوكب يطلع من أول الليل إلى الإسفار فقم من أول الليل إلى آخره فإن لم تقو على قيام الليل كله فكن مثل القمر يطلع بعضا ويغيب بعضا فنم بعض الليل وقم بعضه فإن لم تقدر على قيام الليل فلا تعص الله تعالى بالنهار وإذا فاتك شيء من تطوع الليل فاقضه بالنهار فهو أجدر أن لا تعود إلى تركه
 

"Wahai Ahmad jadilah seperti BINTANG di temaram malam, jika engkau tidak sanggup maka jadilah seperti REMBULAN, dan jika engkau tidak sanggup maka jadilah seperti MENTARI."

Maka Ahmad berkata, "Wahai Abu Sulaiman, akan tetapi bukankah MENTARI lebih terang cahayanya dari REMBULAN? Dan REMBULAN lebih terang cahayanya dari BINTANG?."

(TUKAS Ahmad dengan heran).

Maka Abu Sulaiman berkata, "Wahai Ahmad, jadilah seperti BINTANG yang muncul sejak awal malam dan terbenam di akhir malam. Maka, jadilah engkau seperti dia, dengan melaksanakan SHALAT MALAM di awal malam hingga akhir malam.

Jika engkau tak kuasa melaksanakan shalat di seluruh malam, maka jadilah engkau seperti REMBULAN yang muncul di sebagian malam dan tenggelam di sebagian lainnya, maka istirahatlah engkau disebagian malam dan SHALATLAH disebagian lainnya.

Jika engkau tidak sanggup melaksanakan SHALAT MALAM, maka JANGANLAH engkau BERMAKSIAT kepada ALLAH Ta'ala di siang hari.

Jika engkau tertinggal dari AMALAN SUNAH di malam hari, maka hendaknya engkau ganti di siang hari, karena sesungguhnya hal tersebut lebih menjadikan dirimu jera untuk meninggalkannya." (ar-Raudhatu ar-Riyaa (Taman Nan Semerbak), al-Amadiy. Hal 88)

Sungguh harum nasehat Abu Sulaiman ad-Darini tersebut, layaknya ia ditorehkan dengan tinta emas. Begitu banyak faedah yang dapat kita petik darinya.

FAEDAH :

🍂 Shalat malam adalah ciri khas para salaf dan orang - orang yang mulia. Hal tersebut sangat nampak dari perhatian mereka dengannya.

🍂 Jika kita tidak sanggup bersedekah dengan amalan sunah maka hendaknya kita mencegah diri kita untuk tidak bermaksiat kepada ALLAH, karena yang demikian juga dinilai sebagai sedekah.

🍂 Kadang seseorang salah memahami makna perkataan saudaranya, jika demikian sudah selayaknya ia bertabayyun meminta penjelasan kepadanya tentang makna perkataannya.

🍂 Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing dibanding yang lain.

________________________

Disebarluaskan oleh :
♻  WhatsApp@DakwahAlSofwa
📱  0822-257-257-22

Kamis, 10 Rabiul Awal 1436 H
               8 Januari 2015 M

                                    
             🔸🌰🔸

Komentar