Bekerja Di Rumah

Bekerja dari rumah (Telecommuting) mungkin masih menjadi masalah yang tabu untuk dilakukan oleh sebagian besar perusahaan, setidaknya dari survei yang dilakukan di Inggris oleh perusahaan LogMein mendapatkan bahwa 21% perusahaan kecil dan menengah kuatir akan produktifitas karyawannya bila diperbolehkan kerja di rumah (tidak usah ke kantor).


Kekuatiran mereka antara lain bahwa si karyawan akan bangun jam 11 siang setiap harinya dan bekerja sambil makan dimana ini tentu sama sekali tidak produktif.


Tetapi pandangan LogMein sendiri berbeda karena mereka bahkan menganggap bahwa dengan memberikan kesempatan para karyawan bekerja dari rumah akan meningkatkan produktifitas mereka.

Setidaknya ada 5 keuntungan yang bisa didapat:
– Produktifitas yang lebih tinggi dan kepuasan dalam bekerja
Orang yang bekerja dari rumah biasanya mempunyai jam kerja yang lebih panjang dan tentunya bisa kerja lebih konsentrasi dan stres yang berkurang (apalagi kalau kantornya tidak memadai)

- Pengurangan biaya dari sisi perusahaan

Tidak ada lagi kata yang namanya terlambat bagi para karyawan dan kemungkinan karyawan mengundurkan diri lebih kecil sehingga juga akan mengurangi masalah biaya training untuk para karyawan baru.

- Kemungkinan untuk mendapatkan karyawan yang lebih bermutu
Bila jarak bukan menjadi masalah maka perusahaan dapat memperkerjakan karyawan yang area tinggalnya di luar daerah sekalipun. Biasanya ini suka menjadi kendala bila karyawan tinggalnya jauh sehingga walaupun berpotensi, perusahaan enggan untuk memperkerjakan mereka

- Karyawan yang lebih sehat
Tidak ada yang namanya stres atau lelah pada saat masuk kerja karena macet di jalanan atau hal lainnya. Dan menurunkan tingkat resiko penularan penyakit yang dibawa oleh karyawan. Contohnya sering banget karyawan yang sedang flu masuk, alhasil besok banyak yang kena.
kerja di rumah Pictures, Images and Photos
- Peningkatan image perusahaan
Dengan sistim Telecommuting, tentu perusahaan akan secara tidak langsung mengurangi polusi (untuk karyawan yang biasanya naik mobil ke kantor) dan berarti juga bisa mengurangi biaya bensin, uang jalan dan lainnya.

Kami sendiri setuju dengan hal kerja dari rumah seperti ini tetapi hanya satu masalah yang agak kami kuatirkan, apakah karyawan tersebut bisa secara konsisten disiplin terhadap dirinya untuk selalu bangun seperti biasa dan lainnya. Ini yang agak kuatir.

Bekerja di rumah atau berkantor di rumah mempunyai satu syarat utama yaitu Disiplin, Disiplin dan Disiplin, tanpa ini maka semuanya akan berantakan, DIJAMIN!!!

0 Comment "Bekerja Di Rumah"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca...!!!

Thank you for your comments